Efisiensi Kerja

Apakah anda termasuk salah satu orang yang memiliki jadwal pekerjaan bisnis yang padat..?? Banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan,
namun seringkali merasa waktu berjalan demikian cepat sehingga banyak
sekali pekerjaan yang terbengkalai atau tidak selesai tepat pada
waktunya.

Padahal, jika saja kita mau meluangkan sedikit waktu, kita dapat
mengetahui apakah kesibukan setiap hari mendekatkan kita pada tujuan
atau justru hanya buang-buang waktu. Sayapun sering mengalami hal
serupa, namun beberapa tips berikut yang saya lakukan terbukti
efektif.


1. Datang ke kantor lebih awal

Jika anda bekerja sebut saja kantor, namun jika anda berdagang sebut
saja toko, apapun itu, kantor adalah tempat kerja anda.. Datang lebih
awal akan memberikan energi yang berbeda, kita tidak akan memulai hari
dengan keruwetan dengan melihat kesibukan rekan kerja yang katakanlah
berlebihan. Datang lebih awal akan membuat perasaan lebih rileks dan
nyaman, ini
juga akan memberikan kita waktu untuk beristirahat, merapihkan kemeja atau
meja kerja..

2. Membuat kopi ( rehat sejenak )

Membuat kopi, mungkin terdengar lucu.. ya, saya melakukan ini setiap
kali baru sampai di kantor, setelah istirahat sejenak sambil merapihkan
meja kerja, saya membuat kopi.. ini memberikan perasaan yang nyaman dan
rileks lebih banyak.. sebagai contoh, jika kita sedang ujian, namun pada
satu kondisi kita tidak dapat mengerjakan soal, apa yang kita lakukan,
rehat sejenak bukan, entah itu ke kamar kecil atau sekedar mengalihkan
pandangan dan pikiran.. Seperti itulah, membuat kopi dapat membuat tubuh
rileks, karena biasanya pada saat membuat kopi, kita berjalan dan
mengobrol dengan rekan kerja

3. Mengumpulkan pekerjaan2 yang harus diselesaikan

Setelah itu, duduk di meja dan saya menuliskan seluruh
pekerjaan-pekerjaan yang harus saya selesaikan hari ini, besok ataupun
minggu ini.. Pokoknya seluruh pekerjaan yang harus saya selesaikan, dan
pekerjaan ini adalah pekerjaan yang sudah di depan mata, bukan pekerjaan
angan-angan yang tidak ada korelasinya dengan kerja / bisnis kita.

4. Menyusun to do list harian berdasarkan prioritas

Setelah mengumpulkan seluruh pekerjaan, saya menuliskan pekerjaan2 yang
harus saya selesaikan pada hari ini dalam bentuk sebuah to do list di
buku kecil (notes) yang biasa saya bawa. membuat to do list akan
memudahkan kita untuk fokus dalam menyelesaikan pekerjaan, setelah
selesai, saya mencoretnya dan beralih pada pekerjaan yang lain. Sebanyak
apapun pekerjaan yang harus diselesaikan, dengan adanya to do list kita
akan lebih fokus dan efektif.

5. Evaluasi sebelum pulang kerja

Yang kelima adalah melakukan evaluasi sederhana, saya akan membuka to do
list saya dan mengecek apakah seluruh pekerjaan yang harus saya
kerjakan sudah selesai atau belum.. jika belum atau mash terdapat
kekurangan, maka saya sisihkan untuk saya buat to do list esok hari.
Evaluasi pekerjaan dengan melihat to do list membantu saya untuk
mengukur sejauh mana saya menggunakan waktu untuk menyelesaikan semua
pekerjaan saya..

itu 5 tips sederhana dari saya, bagaimana dengan anda?

Popular posts from this blog

BAGAIMANA MENGHASILKAN 1 MILYAR PER BULAN

Modal Gratis Forex $5 Mau...?

Berburu Dollar Di Binary Tanpa Harus Trading